Ngobrol Bareng Tempo 'Pentingnya Pengarsipan di Bidang Seni'


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Museum Basoeki Abdullah bekerjasama dengan Majalah Tempo mengadakan acara Diskusi Ngobrol bareng @Tempo bertajuk “Arsip Seni Sebagai Warisan Budaya” di Museum Basoeki Abdullah. Acara Ngobrol @Tempo tersebut merupakan bagian rangkaian kegiatan pra event dari Lacak!!! Pameran Dokumentasi Maestro Basoeki Abdullah. Kegiatan Lacak!!! Pameran Dokumentasi Maestro Basoeki Abdullah merupakan upaya untuk mengenalkan sosok dan Museum Basoeki Abdullah kepada masyarakat, dengan mengajak masyarakat untuk menyimak kehidupan dan sepak terjang Basoeki Abdullah semasa hidupnya melalui dokumentasi-dokumentasi yang terekam dalam berbagai lembaga. 

Acara yang dilaksanakan di aula serbaguna Museum Basoeki Abdullah ini menghadirkan Direktur Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Restu Gunawan sebagai pembicara kunci dan beberapa narasumber lainnya seperti Pengamat Seni, Agus Dermawan, Arkeolog UI, Agus Aris Munandar, Kurator Museum MACAN Agung Hujatnikajennong, dan pengusaha serta kolektor benda seni, Ciputra. Diskusi ini membahas pentingnya pengarsipan karya seni dan pemanfaatannya sebagai warisan budaya untuk kesejahteraan bangsa.

Kegiatan tersebut diikuti berbagai kalangan diantaranya masyarakat umum khususnya generasi muda, pelajar, akademisi, stake holder permuseuman, komunitas seni dan budaya, dan juga stake holder di bidang seni. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat dan generasi muda untuk mendatangi pameran yang dilaksanakan di Museum Basoeki Abdullah. Harapannya juga dapat memberikan pengetahuan yang berharga kepada masyarakat, khususnya seniman, akan pentingnya pengarsipan dalam dunia seni, yang dalam kegiatan ini mengambil inspirasi dari Basoeki Abdullah. 



Foto Kegiatan