Wisata Menggambar, "Melukis Pemandangan."


LOKASI : Taman Lalu Lintas, Bandung - Jawa Barat
STATUS KEGIATAN : Finished

Taman Lalu Lintas, Bandung – Jawa Barat pada selasa pagi, 17 Juli 2018, nampak ramai dipenuhi oleh para pelajar. Mereka datang dari berbagai SMA di Kota dan Kabupaten Bandung untuk mengikuti kegiatan Wisata Menggambar.

Mengambil tema “Melukis Pemandangan,” Wisata Menggambar merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Museum Basoeki Abdullah. Setelah sebelumnya mengambil lokasi di Gunung Kidul dan Borobudur, kali ini kegiatan tersebut mengambil lokasi Taman Lalu Lintas, Bandung – Jawa Barat, serta bekerjasama dengan KCD Wilayah VII Prov. Jawa Barat.

Dalam pembukaan kegiatan Kepala Cabang Dindik Wilayah VII, Dinas Prov. Jabar. Menyambut baik kegiatan ini karena sungguh sangat baik untuk pembentukan karakter siswa. “Melalui seni, jiwa keindahan akan tersentuh. Jika sdh tersentuh, maka keseimbangan lahir & bathin insya Allah akan tercipta,” ujar Bpk. Husein.

Sedangkan Kepala Museum Basoeki Abdullah, Ibu Maeva Salmah menyambut baik kesediaan para siswa utk hadir pada kegiatan Wisata Menggambar di Taman Lalu Lintas. Sekaligus beliau berharap agar para peserta dapat terinspirasi sosok Basoeki Abdullah dalam berprestasi di bidang seni lukis.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan memasuki acara utama yaitu melukis pemandangan. Sebelum mempraktekannya, para peserta terlebih dahulu diperkenalkan teori-teori dasar menggambar pemandangan oleh narasumber yang akrab disapa dengan Kang Agah.

Ia menjelaskan tentang bagaimana teknik mewarnai yang baik dan benar untuk membuat gradasi dalam setiap warnanya. Pencahayaan pun perlu diperhatikan dalam melukis pemandangan, tuturnya.

Setelah mendapatkan teori-teori melukis pemandangan para peserta pun mulai mempraktekkannya. Antusiasme mereka pun sangat tinggi, dan sangat beruntung karena cuaca Kota Bandung pun sangat teduh sehinnga tidak mengganggu proses peserta selama workshop tersebut berlangsung.

Setelah praktek selesai dan sebagai penutup, Kang Agah memilih 5 karya terbaik yang akan mendapatkan hadiah menarik dari Museum Basoeki Abdullah.

Wisata Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mengenalkan seni rupa kepada masyarakat khususnya generasi muda. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengapresiasi dan mengekspresikan seni dan budaya, khususnya seni lukis. Lebih jauh lagi kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Museum Basoeki Abdullah kepada masyarakat, khususnya generasi muda.



Foto Kegiatan