Seminar Basoeki Abdullah dan Lukisan Mitosnya


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh para dewa atau mahluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain ( kahyangan ) pada masa lampau yang dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita/pengaruhnya.

Begitu banyak contoh-contoh mitos yang ada di Indonesia karena memang mitos sangat berhubungan dengan tempat terjadinya, alam semesta, para dewa adat istiadat dan konsep dongeng suci.

Perjalanan berkarya Basoeki Abdullah untuk mendekatkan karya lukisnya pada masyarakat sangat terlihat dalam karya-karya lukisnya yang bertemakan mitos, legenda dan dongeng.

Pada intinya Basoeki Abdullah dapat menangkap apa sebenarnya yang disukai oleh masyarakat Indonesia dan apa yang menjadi bagian dari kehidupan mereka, sehingga hasil karya lukis Basoeki Abdullah begitu dekat dengan masyarakat,contoh karya lukis Basoeki Abdullah seperti “ Nyai Roro Kidul” dan lukisan “Jaka Tarub dengan tujuh bidadari”

Terkait hal tersebut, Museum Basoeki Abdullah dalam seminar ini mengangkat tema seminar Basoeki Abdullah dan lukisan mitosnya disamping juga dalam rangka mengusung kegiatan tiga tahunan Museum Basoeki Abdullah tahun ini mengambil tema terkait dengan mitos.

Kegiatan seminar yang bertajuk “ Basoeki Abdullah dan lukisan mitosnya” adalah kegiatan pendukungan acara Basoeki Abdullah Art Award #3 sehingga memiliki tema yang menyesuaikan tema yang diusung Basoeki Abdullah Art Award #3. 



Foto Kegiatan