Pameran Sejarah Seni dan Budaya Festival Sunyaragi


LOKASI : Pesanggraham Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon
STATUS KEGIATAN : Finished

Pengesahan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional. Setelah puluhan tahun merdeka, akhirnya Republik Indonesia memiliki sebuah panduan dalam upaya menjalankan amanat Pasal 32 Ayat 1 UUD 1945 untuk memajukan kebudayaan. Hal ini sejalan pula dengan amanat Presiden Republik Indonesia agar memberikan peran strategis bagi kebudayaan nasional dalam pembangunan. 

Wujud konkret perhatian dari pemerintah, dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, dalam pemajuan kebudayaan salah satunya adalah menyelenggarakan sebuah “Pameran Bersama” dimana terbentuk sebuah sinergitas antar unit kerja di lingkungan Ditjen Kebudayaan dan Instansi Daerah agar masyarakat dapat lebih dekat mengakses, mengapresiasi dan memperoleh edukasi terkait informasi sejarah dan tradisi budaya serta benda-benda koleksi yang dimiliki oleh museum-museum.

Inisiatif dan upaya yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mendorong dan sekaligus memperkuat upaya Pemajuan Kebudayaan ini sesuai dengan amanat UU Pemajuan Kebudayaan melalui gotong royong antara pemerintah dan masyarakat dalam penguatan kapasitas daerah untuk menyelenggarakan kegiatan budaya sesuai azas, tujuan, dan objek pemajuan kebudayaan yang ditetapkan dalam UU No. 5 Tahun 2017. Bentuk gotong royong tersebut digulirkan dalam bentuk pendukungan kegiatan berupa Pameran Bersama Sejarah Seni dan Budaya Festival Budaya Sunyaragi.

Pameran bertajuk “Sejarah Seni dan Budaya” ini merupakan kolaborasi dari Keraton Kasepuhan Cirebon, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Museum Basoeki Abdullah, Museum Pusaka Keraton Kasepuhan, Museum Nasional Indonesia, Museum Benteng Vredeburg, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda. Museum Seni Jakarta, Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, Kendi Pertula, dan juga Dewan Kesenian Cirebon Kota.

Dalam pameran ini masyarakat akan disuguhkan berbagai fakta sejarah terkait tumbuh dan berkembangnya Kota Cirebon, mulai dari era Keraton Cirebon hingga peranannya dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Potongan-potongan sejarah ini akan disajikan dalam bentuk tekstual yang dipadu dengan keindahan lukisan-lukisan dan juga berbagai koleksi berharga dan bersejarah peninggalan Keraton Cirebon.

Selain pameran bersama, pendukungan kegiatan ini juga berupa pagelaran kesenian tradisi yang terdapat di wilayah Cirebon dan sekitarnya, seminar, Belajar Bersama Museum, aneka lomba, pameran kuliner dan kerajinan, lokakarya, dan kegiatan-kegiatan pendukungan lainnya.    

Melalui kegiatan ini para pengunjung diharapkan dapat lebih mengenal dan memahami sejarah beserta budaya Cirebon sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia. Selain itu pameran ini diharapkan juga dapat menginspirasi masyarakat untuk mencintai dan menghargai sejarah dan kekayaan budayanya sebagai bagian dari Republik Indonesia. Selain itu tentunya khususnya agar masyarakat dapat mengetahui dan lebih mengenal profil para peserta pameran.



Foto Kegiatan