Workshop Sebagai Wadah Mengembangkan Minat dan Bakat Anak


LOKASI : Taman Fatahillah, Jakarta Pusat
STATUS KEGIATAN : Finished

Mengembangkan bakat para pelajar tidaklah hanya melalui pelajaran di sekolah saja, namun hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan non-formal, salah satunya adalah workshop.

Jakarta-Museum Basoeki Abdullah. Museum Basoeki Abdullah kembali menyelenggarakan Workshop Melukis Mitos, Dongeng, dan Legenda, di bulan Oktober ini setelah sebelumnya menyelenggarakan tingkat guru SBK pada Senin lalu. Workshop bertema “Ganesha” ini dibuka langsung oleh Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah. Selain sebagai rangkaian acara dari Basoeki Abdullah Art Award, kegiatan ini diadakan untuk turut menyemarakkan Hari Museum Nasional yang jatuh pada tanggal 12 bulan ini.

Workshop yang berlangsung di lapangan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (8/10/2019) pagi ini turut dihadiri oleh Kepala Unit Pengelola Museum Seni Jakarta, Esti Utami, dan diikuti oleh 126 peserta tingkat SMA/Sederajat se-Jabodetabek dengan jumlah maksimal empat peserta dari setiap sekolahnya. Setelah para peserta melewati proses registrasi, peserta dipersilahkan menempati kursi-kursi yang telah disediakan dan mendengarkan arahan dari sang tutor, Guruh Ramdani dan Asep Wawan Setiawan, tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam melukis.

Maeva Salmah, selaku Kepala Museum sangat mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada peserta yang hadir.

“Anak-anakku semuanya manfaatkan (kesempatan ini) sebaik-baiknya. Buatlah sebuah karya yang luar biasa karena kita sudah didukung dengan tempat yang memang mempunyai nilai sejarah,” pungkasnya.

Setelah itu peserta workshop diberi kesempatan untuk berkreasi di atas media kanvas berukuran 50 x 60 cm menggunakan cat akrilik yang dipandu langsung oleh kedua tutor. Setelah menghabiskan waktu kurang lebih tiga jam, akhirnya dipilih lima karya terbaik dan peserta mendapatkan hadiah menarik dari Museum Basoeki Abdullah. Sementara itu yang menjadi syarat penilaian adalah kreativitas, ide, dan teknik melukis yang digunakan oleh setiap peserta. Sesuai dengan ketentuannya kelima karya tersebut akan dijadikan koleksi Museum.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana penyebaran informasi terkait Museum Basoeki Abdullah dan karyanya serta wadah untuk menggali minat, bakat anak dalam bidang seni lukis. Diharapkan dengan adanya workshop ini bisa meningkatkan minat siswa SMA/sederajat se-Jabodetabek untuk mengunjungi dan mempelajari potensi keilmuan seni lukis di Museum Baseoki Abdullah.



Foto Kegiatan