Si Pitung Sang Inspirator Kepahlawanan


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Kegiatan melukis tidak hanya sekedar hobi ataupun wadah untuk berekspresi, tetapi juga sebagai media untuk mengenalkan tokoh-tokoh bersejarah kepada anak.

Jakarta-Museum Baseoki Abdullah. Kamis, (17/10/2019)  Setelah sukses menyelenggarakan Lomba Melukis Tingkat SMP/Sederajat Se-Jabodetabek dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional pada 9 Oktober 2019, Museum Baseoki Abdullah kembali mengadakan Lomba Melukis Mitos, Dongeng, dan Legenda Tingkat SD/sederajat Se-Jabodetabek dengan tema “Si Pitung”.

Lomba melukis kali ini mengajak adik-adik Sekolah Dasar untuk mengenal lebih dekat lagi tentang sosok Si Pitung jagoan dari Betawi yang kiprahnya berhasil membuat pemerintah resah pada jaman penjajahan Belanda.

“Saya terinspirasi sama tokoh Si Pitung,” ungkap Naila Nur Fatimah, siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 09 Jakarta Selatan yang berhasil keluar sebagai pemenang lomba melukis kali ini.

Lanjut Naila, ia kagum akan tindakan  dari sosok jagoan Betawi itu karena mau membagi-bagikan hasil rampokkannya kepada masyarakat kecil, sehingga memilih pose tersebut untuk dilukisnya.

“Jadi cerita dibalik lukisan saya ini adalah ketika Si Pitung yang sedang merampok kemudian hasil dari rampokkannya itu dijadikan sedekah. Dibagi-bagi kepada yang lebih membutuhkan,” tutur Naila.

Tidak sedikit yang mengikuti lomba melukis ini. Sebanyak 131 peserta utusan dari 78 sekolah se-Jabodetabek memenuhi pelataran dan lantai tiga gedung baru Museum Baseoki Abdullah.



Foto Kegiatan