Ruang Bersama Indonesia Bahagia


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Jakarta-Museum Basoeki Abdullah. Dalam rangka turut memeriahkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang berlangsung dari 7 hingga 13 Oktober 2019, Museum Baseoki Abdullah menyelenggarakan Lomba Melukis Tingkat SMP/sederajat Se-Jabodetabek. Sebanyak 170 peserta mengikuti perlombaan ini. Mereka merupakan perwakilan dari  55 sekolah wilayah Jabodetabek

Tema yang digunakan dalam lomba melukis adalah “Ruang Bersama Indonesia Bahagia”,  mengikuti tema besar yang diusung dalam Pekan Kebudayaan Nasional. Tema ini sendiri masih dibagi lagi menjadi tiga sub-tema kecil yakni ‘Bahagia bersama keluarga, Bahagia bersama teman, dan Ceria berinteraksi dengan teknologi’.

Pemilihan tema tersebut pun sesuai dengan pidato Presiden Joko Widodo pada penutupan Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 yang menyebutkan bahwa inti dari kebudayaan adalah kegembiraan. Dimana kebudayaan dapat menjadi ruang bersama yang bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat untuk Indonesia yang bahagia.

Sari, salah satu kerabat peserta lomba melukis menuturkan bahwa tema dan sub-tema yang digunakan untuk lomba melukis ini sangat menarik dan penuh makna. Alasannya, disini kita khususnya peserta tidak hanya diberi kesempatan dan ruang untuk mengembangkan bakat dan berekspresi. Tapi sekaligus mengajarkan akan pentingnya interaksi antar keluarga, sesama, dan tetap ceria serta bijak dalam memanfaatkan teknologi tanpa harus berlarut-larut di didalamnya.

“Menurut saya, di zaman milenial ini teknologi banyak memengaruhi moment-moment kita bersama keluarga ataupun teman. Kiranya dengan sub-tema yang diangkat dalam lomba melukis ini dapat memberikan pesan yang bermakna kepada kita kaum muda agar tidak terlalu larut akan teknologi. Akan tetapi memanfaatkannya sebijak mungkin tanpa harus mengurangi kebersamaan dengan keluarga, teman, maupun orang-orang di sekitar kita dan menciptakan kebahagiaan bagi kita semua,” paparnya.

Tambahnya lagi, Ia sangat berterimakasih dan mengapresiasi Museum Baseoki Abdullah karena sudah memberikan ruang bebas berekspresi bagi anak-anak melalui lomba melukis ini. Sari juga berharap semoga kedepannya Museum Baseoki Abdullah lebih sering memberikan ruang dan kesempatan kepada anak-anak untuk terus berkarya.

“Saya berterimakasih dan sangat mengapresiasi Museum Baseoki Abdullah  karena sudah memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkarya dan berekspresi. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut,” tuturnya.



Foto Kegiatan