Dukung Pekan Budaya Indonesia III di Palu, Museum Basoeki Abdullah Gelar Lomba Lukis


LOKASI : Balai Seni Taman Budaya Palu, Sulawesi Tengah
STATUS KEGIATAN : Finished

Museum Basoeki Abdullah sebagai salah satu museum yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, mencanangkan berbagai program guna menjalankan fungsinya di tengah masyarakat, yakni sebagai tempat pembelajaran, terutama dalam hal seni dan budaya. Berangkat dari pemikiran tersebut, Museum Basoeki Abdullah kembali menyelenggarakan lomba lukis, pada kesempatan kali ini giliran Kota Palu menjadi tempat dilangsungkannya lomba lukis yang ditujukan khususnya bagi generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang seni lukis.

Pada waktu pelaksanaannya yakni pada hari Sabtu, 23 September 2017, lomba lukis tersebut diikuti oleh sejumlah 42 pelajar tingkat SLTP/Sederajat dari 25 sekolah yang tersebar di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah. Adapun yang hadir sebagai dewan juri antara lain Fathudin Mujahid (seniman), Elan Merdeka (seniman), dan Reina Miftahani (staf taman budaya). Sebelum lomba dimulai seluruh peserta telah dibekali dengan media alat dan bahan dari pihak museum, selanjutnya seluruh peserta mendapatkan arahan dari tim juri terkait dengan aturan lomba dan juga kriteria penilaian yang didasarkan pada beberapa aspek seperti kesesuaian dengan tema, kreativitas, komposisi warna, teknik, dan orisinalitas. Setelah pelaksanaan lomba yang berdurasi selama kurang lebih dua jam, dewan juri kemudian memilih 3 orang pemenang, yakni: Juara I, Hemy Yunita Pandelaki (SMPN 1 Palu), Juara II, Batara Achmadi Jaya (SMPN 1 Palu), dan Juara III, Khairiyatunnisa (SMPN 10 Palu).

Kegiatan lomba lukis yang dilaksanakan pertama kalinya diluar museum tersebut digelar dalam rangka mendukung Pekan Budaya Indonesia III dilaksanakan bersamaan dengan Festival Pesona Palu Nomoni II (PBI-FPPN 2017) dan diselenggarakan di Taman Budaya Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kedua kegiatan ini sama-sama mengajak semua lapisan, khususnya generasi muda dalam menggali kreativitas di bidang kesenian. Dengan mengusung tema “Ragam Budaya Untuk Indonesia Berkarakter”, Pekan Budaya Indonesia III dan Palu Nomoni II merupakan kegiatan tahunan Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat. 



Foto Kegiatan