Praktek Menggambar Bagi Pengajar Seni Budaya #2


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Dalam rangka pendukungan  pameran sekaligus pra event kegiatan LACAK!! Pameran Dokumentasi Maestro Basoeki Abdullah, Museum Basoeki Abdullah menyelenggarakan workshop dengan tema “Teknik Dasar Menggambar Model”. Workshop kali ini diikuti oleh pengajar/guru seni budaya tingkat SMP negeri maupun swasta yang ada di wilayah Jabodetabek. Pada kesempatan tersebut hadir dua orang narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yakni Indra Zaka Permana dan Nadiyah Suyatna, pengajar sekaligus praktisi seni, dalam pelaksanaan workshop yang diselenggarakan di aula serba guna Museum Basoeki Abdullah, pada hari Kamis, 26 Oktober 2017.

Kepala Museum Basoeki Abdullah mengapresiasi minat & respon positif para Guru Seni Budaya & Keterampilan yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek. “Pendidikan seni budaya dan keterampilan memiliki peranan yang sangat besar dalam pembentukan pribadi untuk mencapai multi-kecerdasan”, lanjutnya. Saat pelaksanaan workshop dipilih tema “Menggambar Model Buah”, menurut narasumber materi tema tersebut sesuai dengan metode menggambar yang tepat dan mudah kali ini. Pada kesempatan tersebut narsum pertama, Indra Zaka, mengajak peserta untuk mengenal diri dulu, baru kemudian mengenal objek, pola dasar, struktur, dan detailnya. Narsum kedua, Nadiyah Suyatna, mengajak para peserta untuk mengenal apa itu gambar Still Life. Selanjutnya para peserta mulai menggambar model buah-buahan seperti yang dicontohkan didepan ruang serbaguna Museum Basoeki Abdullah.  

Workshop Menggambar untuk para guru seni budaya merupakan salah satu program dukungan yang rutin dilaksanakan oleh Museum Basoeki Abdullah dengan memberikan pengalaman praktek secara langsung. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi aktivitas positif dalam memberi ruang ekspresi para pengajar seni budaya dan seni rupa, dengan ini para guru merasa memiliki bekal yang cukup untuk mengajarkan pelajaran menggambar bagi siswa-siswinya. Guru-guru pun berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan 1 (satu) kali tiap bulannya, agar nantinya mereka dapat semakin mahir dalam membagikan ilmu menggambar bagi anak-anak didiknya di sekolah masing-masing.



Foto Kegiatan