Undangan Pameran Seni Rupa Guru Se-Jabodetabek

 

Pameran Seni Rupa Guru dirancang untuk menjadi suatu media  penyaluran aspirasi dan sosialisasi atas ekspresi kreatif dari  para Guru Seni Budaya sebagai suatu langkah strategis dalam memberikan keteladanan kepada para siswanya, dan juga sebagai  media bertukar pengalaman kreatif, pengalaman dikdaktis dan juga ajang berbagi gagasan untuk mengembangkan pendekatan- pendekatan  pendidikan taktis dalam bidang seni rupa.

Jumlah Peserta Pameran

Guru yang diikutkan dalam kegiatan pameran secara keseluruhan akan terseleksi 35 orang, dari wilayah JABODETABEK, dengan jumlah karya masing-masing peserta adalah 1 buah karya seni lukis media kanvas. Jumlah ditentukan 35 adalah disesuaikan terhadap kapasitas ruang pamer Museum Basoeki Abdullah.

Tema dan Obyek Lukisan

Tema :  “Penghormatan Kepada Ki Hajar Dewantara”

Dr.(H.C) Ki Hajar Dewantara, sosok Pahlawan Nasional, adalah figur intelektual Indonesia yang sepanjang hidupnya sejak muda telah membangun karakter dirinya hingga menjadi orang yang sangat kuat mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negaranya. Pemikiran-pemikiran beliau yang cemerlang melihat nasib bangsanya, mendorong beliau mampu memetakan bangsa dan negara ini jauh ke masa di depannya, melalui perintisan pembangunan pendidikan formal yang berkembang sampai hari ini.

Sistem pembelajaran mendasar yang mengedepankan pembinaan budi pekerti adalah jasa beliau yang sangat besar terhadap bangunan karakter bangsa Indonesia yang positif, walau perkembangan dewasa ini kerap juga dijumpai berbagai fenomena sosial yang menjauh dari ajaran-ajaran moralistik. Namun justru oleh karenanya, momentum untuk menghangatkan kembali nilai eksistensi Ki Hajar Dewantara adalah menjadi mendesak yaitu dengan cara mengajak masyarakat terutama yang berkecimpung di bidang pendidikan dapat kembali memberikan penghormatan terhadap Ki Hajar Dewantara, untuk bersama sama mengenang jasa dan meneladani sikap idealisme humanistik dan nasionalismenya, serta meneruskan perjuangan beliau.

Obyek  Lukisan:

Berbagai hal ide, figur, tempat, benda alami ataupun buatan manusia yang terhubung dengan nilai-nilai perjuangan pendidikan di Indonesia, yang pernah dirintis oleh Ki Hajar Dewantara.  Secara praksis, setiap perupa yang diajak serta dalam pameran ini dipersilahkan menyerap dan menafsir tema “Penghormatan Kepada Ki Hajar Dewantara” sesuai dengan pengalaman masing-masing. Selanjutnya, para perupa peserta diharapkan dapat mewujudkan hasil penyerapan dan penafsiran itu secara konkrit dalam bahasa visual yang sesuai dengan bentuk, gaya, teknik, ide, dan berkarya seni rupa yang  digeluti selama ini.

Tujuan Penyelenggaraan:

  1. Memperoleh makna dan nilai yang lebih mendalam serta strategis terhadap Perayaan Hari Pendidikan Nasional.
  2. Meningkatnya semangat dan motivasi kepada para Guru Seni Budaya se-JABODETABEK agar tetap mengaktifkan daya kreativitasnya untuk selalu berkarya sehingga terus menerus terinspirasi dalam rangka mendidik para siswa melalui olah kreativitas seni rupa adalah demi melaksanakan pembinaan karakter dan integritas kepribadian para siswa.
  3. Tetap terjaga dan makin tertanamnya jiwa patriotisme dan nasionalisme yang pernah diteladankan oleh Ki Hajar Dewantara melalui jalur pendidikan, dengan cara mengaktualisasikan nilai-nilainya melalui penghayatan, interpretasi masing-masing peserta ke dalam ekspresi seni rupa (seni lukis).
  4. Meningkatnya kesadaran seluruh komponen pendidikan maupun masyarakat umum terhadap arti pentingnya Museum Basoeki Abdullah sebagai salah satu instrumen pendidikan ataupun pusat kajian yang sarat dengan pengajaran nilai sejarah, estetika dan juga bermuatan pendidikan humaniora.
  5. Semakin kokohnya integritas cinta Indonesia dari seluruh lapisan masyarakat serta para peserta didik melalui pengenalan dan penghormatan lebih jauh terhadap tokoh–tokoh nasional yang sudah terbukti memiliki peran dan jasa bagi bangsa dan negara hingga menembus ke depan, di luar jamannya.

Syarat Kepesertaan Pameran:

  1. Peserta adalah resmi sebagai guru mata pelajaran seni budaya tingkat SMP dan SMA wilayah JABODETABEK dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah sebagai guru mata pelajaran seni budaya.
  2. Peserta pameran juga dapat berlaku untuk para guru seni budaya di sekolah nonformal (sanggar/tempat kursus).
  3. Peserta mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran, dan menyerahkannya kembali kepada panitia, beserta foto karya ukuran 10 R- resolusi tinggi (full color)  selambat-lambatnya dapat diterima pada tanggal 10 April 2017  oleh pihak panitia  di  Museum Basoeki Abdullah  Jl. Keuangan Raya No. 19, Cilandak,  Jakarta Selatan, 12340, pada  jam 10.00 - 15.30 WIB.
  4. Peserta pameran adalah para peserta dalam ketentuan nomor 1 dan 2 dengan catatan lolos seleksi dari persyaratan administratif dan lolos seleksi karya, melalui penilaian Tim Kurator beserta pihak Museum Basoeki Abdullah.
  5. Karya-karya yang akan diterima dalam proses Kurasi adalah :
  6. a) Karya seni lukis terbaru media kanvas ukuran panjang/horizontal 80 cm dan lebar/vertikal maksimal 120 cm.
  7. b) Teknik: cat minyak, akrilik, kolase, media campuran dipersilahkan berdasarkan pilihan dan kebebasan kreatif masing-masing peserta. Idiom atau penggambaran visual dan judul karya, serta gaya visual adalah mengandung makna sesuai dengan tema kegiatan dan pameran:
  8. c) “Penghormatan Kepada Ki Hajar Dewantara” sehingga pemaknaan terhadap karya adalah ikut mendukung tujuan yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan kegiatan.
  9. d) Karya adalah karya asli yang diciptakan oleh peserta bukan hasil tiruan. Karya dalam keadaan siap dipajang secara patut, aman, dan menarik, baik memakai bingkai atau tidak.
  10. e) Karya dilengkapi dengan keterangan judul, teknik media, catatan waktu, dan tempat pembuatan, serta lebih diperhatikan apabila menyertakan deskripsi karya.
  11. Keputusan tim kurator beserta pihak Museum Basoeki Abdullah tidak dapat diganggu gugat dengan sarana serta melalui cara apapun.
  12. Pengumuman hasil seleksi dan kurasi akan disampaikan kepada seluruh peserta pada tanggal 15 April 2017, melalui surat elektronik (pos elektronik maupun Whatsapp).
  13. Karya yang lolos seleksi dikirim atau diserahkan secara langsung selambat lambatnya pada tanggal 20 April 2017, pada jam 10.00 - 15.30 WIB di Museum Basoeki Abdullah, Jl. Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.
  14. Tim kurator beserta pihak Museum Basoeki Abdullah berhak menganulir apabila karya yang diserahkan tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada foto yang terkirim.
  15. Karya yang berhasil dipamerkan adalah tetap menjadi hak milik peserta. Sehingga di saat usai penutupan pameran, masing-masing peserta pameran bertanggungjawab atas pengambilan karyanya tersebut.
  16. Sesuai karakter kelembagaan Museum Basoeki Abdullah, maka tidak dapat dilakukan transaksi jual - beli karya di saat pameran.

Formulir pendaftaran dapat diunduh di tautan berikut:

http://museumbasoekiabdullah.or.id/index.php/web/download

Fasilitas Peserta:

  1. Sejumlah 35 orang pendaftar yang lolos seleksi sebagai peserta pameran, masing-masing akan memperoleh penggantian bahan material berupa sebuah kanvas ukuran 100 x 80 cm dan 5 buah warna dasar cat akrilik, secara simbolik dan perwakilan di saat pembukaan pameran. Adapun pengambilan bagi masing-masing peserta dapat dilakukan pada waktu penyerahan karya yang terseleksi di Museum Basoeki Abdullah.
  2. Pendaftar yang lolos dan menjadi peserta pameran akan memperoleh uang pengganti biaya transportasi, yang akan dapat diterima pada waktu penyerahan karya yang terseleksi di Museum Basoeki Abdullah.
  3. Pendaftar yang lolos seleksi akan memperoleh kartu identitas peserta Pameran Seni Rupa Dalam Rangka Perayaan Peringatan ke 59 Hari Pendidikan Nasional Museum Basoeki Abdullah, 2 Mei 2017.
  4. Peserta pameran akan tercantum identitas dirinya dalam biodata singkat, pas foto, serta foto karyanya pada katalog pameran.
  5. Masing-masing peserta akan memperoleh 2 (dua) eksemplar undangan pembukaan pameran, akan dikirim melalui pos surat setelah pengumuman keberhasilannya sebagai peserta disampaikan melalui surat elektronik.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Pameran Seni Rupa:

Tempat                  : Museum Basoeki Abdullah, Jl. Keuangan Raya No. 19, Cilandak, Jakarta Selatan.

Waktu Pelaksanaan   : Tanggal 4 Mei sampai dengan 30 Mei  2017

Peresmian Pembukaan Pameran:

Hari /Tanggal          :  Kamis / 4 Mei 2017

Jam                      :  10.00 WIB

Diresmikan oleh       :  Direktur Jenderal Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Perayaan pembukaan disertai dengan pertunjukan kesenian.

Penutup:

Demikian kiranya berbagai ketentuan dan pedoman pendaftaran dan kepesertaan Pameran Seni Rupa Guru se-JABODETABEK dalam rangka Perayaan Peringatan ke-59 Hari Pendidikan Nasional di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Semoga kiranya dapat menjadi panduan keikutsertaan, sebagaimana mestinya.