Proses Kreatif Lukisan Perempuan

Basoeki adalah tipe pelukis yang amat senang menggambar objek perempuan. Rasanya, hasrat utamanya ada dalam lukisan ini. Kisah mengenai perempuan dalam proses kerja maupun hidupnya begitu mendominasi. Sampai-sampai masyarakat menganggap Basoeki Abdullah adalah satu-satunya pelukis berobjek perempuan yang paling terkenal. Tentu karena hasratnya yang kuat terhadap kecantikan, membuatnya ia tak melewatkan barang sedetik pun.

Secara teknik, Basoeki Abdullah adalah master dalam menduplikasi objek, tanpa bantuan alat apapun, misalnya kamera atau mal (garis bantuan), apalagi zaman sekarang adalah LCD projector atau digital printing. Kecermatannya luar biasa, karena ia bias dikatakan seniman yang mampu mengimplementasikan ekspresinya secara bebas. Seperti kebanyakan para pelukis, sejak kecil (sekira sepuluh tahunan) ia telah mampu mewujudkan kepresisian dalam menggambar wajah.

Kini, ketika hasratnya sebagai laki-laki yang suka dengan perempuan (cantik), ditambah dengan profesinya sebagai pelukis, kematangannya dalam melukis tak terbantahkan, ia biasa melukis langsung dengan cat pada kanvas. Ia begitu sensitive terhadap objek yang dilukisnya, tanpa disadari bahkan sang model sendiri tidak tahu bahwa ia memiliki paras yang sesungguhnya melampaui yang dipikirkan selama ini. Jadi, Basoeki Abdullah bisa dikatakan pula sebagai pelukis “pembuka tabir” kecantikan perempuan.