KOMPOSISI VISUAL

FAKTA
Hampir bisa dipastikan apa yang dibuat Basoeki Abdullah dalam lukisan pemandangan ini merupakan hasil rekaman alam yang ada ditempat, yaitu Gunung Sumbing di daerah Magelang.


FIKSI  
Dalam karya Basoeki ini, unsur fiksinya adalah elemen-elemen alam yang sangat lengkap. Pada lukisan tersebut muncul binatang, sungai, pepohonan yang dikomposisi sedemikian rupa, gunung yang menjulang dari langit yang terang benderang. Lukisan ini mengandung prinsip keindahan subjektif pelukis.
Ketiga lukisan ini memiliki kesamaan yaitu mengandung komposisi setengah bidang : separuh langit daratan. Langit dibuat dengan motif yang sama : cumulus. Sedangkan setengah daratan diisi dengan komposisi sungai yang nyaris memiliki arah arus dan terpusat dikiri. Keserupaan lain adalah komposisi berat objek terletak di sebelah kiri lukisan (tanda X). selain itu menariknya objek binatang juga dibuat ‘terbenam’ disungai. Objek gunung pada lukisan Basoeki Abdullah justru menjadi hal yang menyatukan semua.

 komposisi visual

Sumber : Mikke Susanto, Fakta & Fiksi Lukisan Basoeki Abdullah (Sebuah Studi Komparasi), Hal. 69, Jakarta : Museum Basoeki Abdullah,  2012.