Yang Muda Yang Berkarya – Pameran Online Tanggap Covid-19

Generasi muda yang hebat adalah adalah generasi yang mampu menghadapi segala tantangan dan cobaan dalam berbangsa dan bernegara. Sebagaimana para pejuang muda Indonesia yang paling berperan dalam keberadaan bangsa dalam menyatukan suara bangsa Indonesia dari ujung Sabang hingga Merauke. Tenaga muda yang berapi-api dengan semangat tinggi dalam mempertahankan berbagai keyakinannya untuk dapat tercapai yaitu menyatukan bangsa ini. Indonesia ini mempunyai wilayah yang sangatlah luas dari ujung Sabang hingga Merauke sehingga memiliki keanekaragaman budaya, suku, dan bahasa. Perbedaan akan budaya ini menjadi kekayaan bangsa Indonesia yang selalu diperjuangkan oleh para pemuda bangsa. Pemuda-pemuda tersebut digambarkan oleh pelukis Basoeki Abdullah agar peran mereka selalu diingat oleh para generasi muda dikemudian hari.

Yang digambarkan yaitu Pangeran Diponegoro, Kartini, Adi Sucipto, I gusti Ngurah Rai dan Walter Mongisisdi. Semangat Pangeran Diponegoro membela tanah kelahiran yang diusik oleh bangsa asing. Kartini yang membawa peran penting emansipasi wanita. Keduanya mewakili begitu besarnya perjuangan bangsa ini dari ketertindasan dari bangsa lain. Tiga pemuda yang gugur di masa memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia untuk melindungi dan mempertahankan bangsa ini untuk generasi masa depan demi berkelanjutan kekayaan keragaman budaya bangsa. Dengan negara yang berdaulat akan menumbuhkan budaya dan masyarakat Indonesia menjadi generasi yang hebat dengan segala tantangan di masa yang akan datang.

Tantangan muncul baik berupa tantangan fisik maupun tantangan psikologis dalam menjaga diri dan terlebih bangsa kita. Hari ini kita bersama menghadapi tantangan pandemi global virus corona yang menguji ketangguhan kita menjaga diri, keluarga, lingkungan kita. Sebagai mana yang dikatakan oleh Maestro Basoeki Abdullah yakni ”saya berjuang untuk negara saya tidak pakai senjata, tetapi senjata saya kebudayaan, budaya seni” demikian menjadi sebuah motivasi kita untuk menjaga budaya Bangsa Indonesia yang selalu mengedepankan keselarasan lingkungan, menjaga kebersihan jiwa dan tubuh serta tolong menolong.

Yuk mari kita produktif di rumah, menjaga diri dan lingkungan kita sehat selalu.

Dan yuk intip lukisannya Basoeki Abdullah di kolom galeri foto.