KEWIBAWAAN dan LOKALITAS

FAKTA
Seni potret adalah seni yang paling dikuasainya. Salah satu hasil yang terbaik Basoeki adalah potret Presiden Soeharto dan Raja Thailand Bhumibol Adulyadhef. Di Thailand ia diangkat sebagai pelukis istana, sedangkan di Indonesia ia sangat dekat dengan keluarga Presiden Soeharto karena Ibu Tien Soeharto adalah temen semasa kecilnya disolo.

FIKSI
Salah satu pilihan membuat seni potret adalah yang membuatnya seluruh tubuh. Konsep seluruh tubuh dibuat selain agar tampak berwibawa ia juga dapat memperlihatkan pangkat/jabatan dan seragam atau local dimana dia berada (perhatikan background mereka). Pose semacam ini menjadi lebih kuat lagi bila disertai pula dengan kelengkapan elemen yang lain seperti memegang pedang atau topi. Ketiga lukisan ini memiliki kesamaan perspektif memotret: badan sang model digambarkan tidak secara frontal tetapi cenderung ¾ badan menghadap kekiri namun kepala frontal ke kamera. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat model tidak tampak kaku namun tetap terkesan gagah dan berwibawa.

-

Sumber : Mikke Susanto, Fakta & Fiksi Lukisan Basoeki Abdullah (Sebuah Studi Komparasi), Hal. 77, Jakarta : Museum Basoeki Abdullah,  2012.