HARI MUSEUM INDONESIA

HARI MUSEUM INDONESIA
MUSEUM DAN SOLIDARITAS

12 OKTOBER 2020

Museum dan Solidaritas menjadi tema Hari Museum Indonesia yang diperingati pada 12 Oktober 2020. Tema ini diangkat sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor kebudayaan dan industri kreatif, termasuk museum.

Semangat kebersamaan dan kepedulian diperlihatkan museum dengan aktivitas sosial. Melalui media sosial dan kegiatan daring, museum tetap melayani dan menghibur masyarakat, serta misi edukasi dipastikan tetap berjalan.
Akun media sosial museum pun digunakan untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyebaran virus, serta melawan bahaya berita palsu yang beredar di masyarakat.

Hingga saat ini kita semua belum tahu kapan pandemi ini berakhir.

Dapatkah museum tetap hadir untuk pemulihan dan memperkuat ketahanan masyarakat Indonesia?

Untuk alasan ini, solidaritas sangatlah penting. Solidaritas menuntun kita pada suatu tujuan, menciptakan dunia atau keadaan yang lebih baik. Solidaritas mengarah pada pembangunan manusia yang berkelanjutan. Solidaritas juga melambangkan persatuan dalam keberagaman.

Mari kita manfaatkan momen Perayaan Hari Museum Indonesia sebagai pengingat bagi museum di seluruh Indonesia. Melalui koleksi, pameran dan program public lainnya, museum dapat meningkatkan kepekaan, kesadaran dan kepedulian masyarakat. Museum memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitarnya.

Salam Museum di Hatiku